2014 Sesi 12Week of 10 Feb 2014 James Pearls for Wise Living Kebijaksanaan Ibadah Yang Murni


[2014] Sesi 12-Week of 10 Feb 2014
James “Pearls for Wise Living”
Kebijaksanaan & Ibadah Yang Murni
 
 
Word: Yak 1:19-27
 
1:19 Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; 
1:20 sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. 
1:21 Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. 
1:22 Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri. 
1:23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. 
1:24 Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. 
1:25 Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya. 
1:26 Jikalau ada seorang menganggap dirinya beribadah, tetapi tidak mengekang lidahnya, ia menipu dirinya sendiri, maka sia-sialah ibadahnya. 
1:27 Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.
 
 
Questions & Sharing
 
1. Sebutkan 5 hal yang harus kita lakukan menurut Yakobus dalam bacaan di atas. Apa makna hal-hal tersebut bagi kamu? Sharingkan pengalaman pribadimu tentang salah satu dari hal-hal di atas. Bisa lihat ayat tambahan: Amsal 29:11, Sirakh 5:11
 
2. Apa yang Yakobus maksudkan dengan menjadi seorang pendengar saja maka kita menipu diri sendiri? Jelaskan penggunaan ilustrasi cermin yang digunakan Yakobus untuk menekankan hal ini. 
 
3. Bagaimana bacaan dari Matius 21:28-32 membuat kamu lebih memahami ajaran ini?
  
4. Berikan contoh-contoh dalam Alkitab tentang pendengar & pelaku Firman Tuhan.
  
5. Menurut Yakobus apakah yang dimaksud dengan ibadah yang murni & tak bercacat di hadapan Allah? (3 kriteria) 
Menurutmu mengapa hal-hal tersebut berkenan di mata Tuhan?
  
6. Apa yang dimaksud Yakobus dengan menjaga diri sendiri tidak dicemarkan oleh dunia? Bagaimana aplikasinya untuk kamu sendiri? Sharingkan hal-hal apa yang bisa atau telah kamu terapkan. Pilih satu kiat yang mau kamu lakukan sepanjang minggu ini.
 
Bacaan tambahan
 
Amsal 29:11 Orang bebal melampiaskan seluruh amarahnya, tetapi orang bijak akhirnya meredakannya.
 
Sirakh 5:11  Hendaklah cepat mendengarkan, tetapi laun mengucapkan jawabannya.
 
CCC No. 546 Jesus’ invitation to enter his kingdom comes in the form of parables, a characteristic feature of his teaching.261 Through his parables he invites people to the feast of the kingdom, but he also asks for a radical choice: to gain the kingdom, one must give everything.262 Words are not enough, deeds are required.263 The parables are like mirrors for man: will he be hard soil or good earth for the word?264 What use has he made of the talents he has received?265 Jesus and the presence of the kingdom in this world are secretly at the heart of the parables. One must enter the kingdom, that is, become a disciple of Christ, in order to "know the secrets of the kingdom of heaven".266 For those who stay "outside", everything remains enigmatic.
 
Matius 21:28-32
 
21:28
Sekarang katakan kepada-Ku pendapatmu tentang hal ini, "Ada seorang yang mempunyai dua anak laki-laki. Ia datang kepada anak yang tertua dan berkata, ‘Anakku, bekerjalah di kebun anggur hari ini.’
21:29
Anaknya menjawab, ‘Aku tidak mau.’ Kemudian dia mengubah pikirannya lalu pergi.
21:30
Kemudian bapa itu pergi kepada anak yang termuda dan mengatakan yang sama. Anak itu menjawab, ‘Ya Ayah, aku akan pergi’, tetapi ia tidak pergi.
21:31
Yang manakah dari kedua anak itu yang melakukan kehendak ayahnya?" Jawab mereka, ‘Yang tertua.’ Kata Yesus kepada mereka, "Yakinlah, para pemungut pajak dan pelacur akan mendahului kamu masuk ke dalam Kerajaan Allah.
21:32
Yohanes datang menunjukkan jalan yang benar kepada kamu, dan kamu tidak percaya kepadanya, tetapi para pemungut pajak dan pelacur percaya kepadanya. Walaupun kamu sudah melihat yang terjadi, tetapi kamu tidak mau bertobat dan mempercayai Yohanes.
 
Matius 15:18  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati c  dan itulah yang menajiskan orang.
 
Mat 12:34  Hai kamu keturunan ular beludak, e  bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut f  meluap dari hati. 
 
 
 
Closing Prayer
 
Ya Bapa, terima kasih atas firmanMu yang senantiasa Kau tanamkan dalam hati kami, yang selalu menuntun dan menyelamatkan kami. Ajarilah kami untuk menjadi pelaku-pelaku firman, dan bukan hanya menjadi pendengar saja. 
Berilah kami hikmatMu agar kami terus bertekun mendalami firman-firmanMu dan melakukannya dengan sungguh-sungguh. Dan, jauhkanlah kami dari hal-hal duniawi yang mencemarkan diri kami sehingga kami tetap menjadi anak-anakMu yang kudus. Demi Kristus, Tuhan kami, Amin.