Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

Santo Andreas Kim Taegon

Sesi 26 - Week of 9th Jun 2019

Dalam CG hari ini, kita akan membaca riwayat hidup Santo Andreas Kim Taegon, martir dari Korea. Mungkin nama Santo ini tidak asing bagi kita karena ada sebuah gereja stasi di Keuskupan Agung Jakarta, bagian dari Paroki St Yakobus Kelapa Gading, yang didedikasikan khusus untuk mengenang St. Andreas Kim Taegon. Ini adalah gereja pertama di Indonesia yang pelindungnya bukan Santo atau Santa dari Eropa. Melalui riwayat hidup Santo Andreas Kim Taegon ini, kita dapat mencontoh semangat umat awam Korea yang menyebarkan iman Katolik tanpa kehadiran pastor atau misionaris asing.

Saint Lorenzo Ruiz

Sesi 25 - Week of 2nd June 2019

Di dalam bulan ini, kembali lagi kita mau mengenal beberapa santo atau santa dan mengambil teladan dan inspirasi dari kehidupan mereka. Pernahkah kalian mendengar atau mengenal St. Lorenzo Ruiz? Jikalau tidak pernah, hal tersebut bukan lah sesuatu yang mengejutkan. Mengingat betapa banyaknya santo santa yang dikanonisasi oleh Vatikan sejak dari abad ke 10. Jika ‘ketenaran’nya dibandingkan dengan Santo Fransiskus asisi, santo Paulus, santo ignasius Loyola, dkk, maka dapat diibaratkan kalau St. Lorenzo Ruiz hanyalah anak bawang saja.

Santa Helena dan Salib Suci

Sesi 24 - Week of 19th May 2019

Bagi kita umat Katolik, kayu salib bukanlah lambang kehinaan melainkan kemenangan karena rahmat keselamatan telah diberikan Allah Bapa lewat Putra-Nya yang wafat dan bangkit bagi kita. Apakah kita lalu pernah bertanya apa yang kemudian terjadi dengan Salib Yesus? Dalam CG hari ini kita akan belajar tentang Santa Helena yang menemukan Salib Yesus dan maknanya bagi kita.

The Ressurection of the Body – Part 2

Sesi 23- Week of 28th April 2019

“Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang Kudus, Persekutuan Para Kudus, Kebangkitan Badan, Kehidupan Kekal”. Setiap hari minggu kita mengucapkan kata-kata ini. Tetapi, apakah kita memahami makna iman kita yang kita ucapkan setiap minggu?

Creed, Session 6: The Paschal Mystery

Sesi 21 - Week of 7 Apr 2019

Perhaps the Cross of Jesus has become almost too familiar. Some of us might see images of crosses and crucifixes so often that we may not realize that in the ancient world, the cross was a horrifying image—a little like an electric chair is today. Yet, the cross is the primary symbol of our faith, through which Jesus has given us the gift of salvation and eternal life. It is through Jesus’ death on that instrument of torture that He gave us the gift of salvation and eternal life.

Pemakaian Gambar / Patung dalam Gereja Katolik

Sesi 20 - Week of 31st Mar 2019

Dalam CG hari ini kita akan membahas tentang pemakaian gambar/patung dalam Gereja Katolik - sebuah topik hangat yang sering menjadi bahan perdebatan dengan tetangga kita dari Protestan.

Lima Perintah Gereja

Sesi 19 - Week of 24th March 2019

Pada bahan CG kali ini kita mau membahas tentang Lima Perintah Gereja. Namun sebelumnya apa saja hukum-hukum dalam Gereja Katolik? Hukum-hukum dalam Gereja Katolik adalah 10 Perintah Allah

Manusia diciptakan dalam kasih dan untuk kasih

Sesi 18 - Week of 3rd Mar 2019

Bahan CG kali ini kita masih membahas mengenai kasih. Kita pasti pernah bertanya sama diri kita sendiri apa sih tujuan atau arti hidup kita, dan kita dapat saja berusaha menjawabnya sendiri. Namun, bagaimanapun juga, jawaban yang yang paling sempurna kita dapatkan dari Allah, sebab Ia-lah yang menciptakan kita. Sebagaimana layaknya perancang selalu merencanakan yang terbaik bagi hasil karyanya, demikian pula Allah. Ia merencanakan yang terbaik bagi kita masing- masing yang diciptakan-Nya di dalam kasih dan oleh karena kasih-Nya. Tujuannya hanya satu dan sederhana saja, yaitu: Allah ingin agar kita semua bahagia! (lih. Baltimore Catechism, Lesson 1. on the Purpose of Man’s Existence).

Am I in love?

Sesi 17 - Week of 10th Feb 2019

Di dalam bulan Februari ini, kita mau membahas seputar cinta. Yang pastinya sudah bukan topik yang asing lagi bagi banyak dari kita. Kalau ditanya, pernah tidak kalian jatuh cinta? Kalau iya, apa sih rasanya?
Apa muka si dia yang kalian pikirkan sebelum mau tidur? Atau mungkin muka si dia yang muncul pertama kali ketika bangun tidur?
Apakah jantungmu berdetak kencang ketika papasan dengan si dia?
Kalau kata iklan, rasanya tuh berjuta-juta… Tapi… is it the real thing?

The Sacramental Life

Sesi 16 - Week of 27th Jan 2019

Setelah pada minggu-minggu sebelumnya kita membahas secara khusus beberapa Sakramen yang ada di dalam Gereja katolik, pada CG kali ini kita akan membahas tentang kehidupan sakramen, mengapa Tuhan menciptakan sakramen, dan bagaimana agar kita dapat menerima buah-buah sakramen.