Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

7 Ways to Practice the Spiritual Works of Mercy

Sesi 18 - Week of 19th January 2020

Selamat Tahun Baru semua!! Yuk, di tahun 2020 ini, kita coba lebih giat lagi untuk memperbaiki dan mengembangkan diri kita dalam Tuhan. Nah, jadi di CG hari ini, kita mau coba belajar melakukan hal tersebut dengan belajar tentang SWM (spiritual works of mercy / karya belas kasih rohani). Selain belajar teorinya, kita juga mau practice dalam refleksi hal-hal yang akan dibahas di bahan dibawah ini.

Mercy in Action

Sesi 17 - Week of 5 Jan 2020

Selamat Tahun Baru!

Semoga di tahun yang baru kita semua dapat semakin bertumbuh di dalam iman dan cinta kasih. Di awal tahun baru ini, kita mendalami tentang karya-karya belas kasih. Secara khusus, kita akan mendalami tentang landasan karya belas kasih, dan jenis-jenis karya belas kasih pada CG kali ini.

Santo Yohanes Paulus II di dalam ensikliknya “Dives in misericordia” menyatakan bahwa “Yesus Kristus mengajarkan bahwa manusia tidak hanya menerima dan mengalami kemurahan Allah, tetapi bahwa ia juga dipanggil 'untuk mempraktikkan belas kasih' kepada orang lain.”

Nubuat Kelahiran Imanuel (Hari Minggu Adven IV)

[2019] Sesi 16 - Week of 15 Dec 2019

Hari ini untuk CG kita akan melihat sedikit tentang kepercayaan terhadap Tuhan dalam cerita sejarah tentang Ahas, seorang raja, Ahas diberikan kesempatan oleh Tuhan di atas untuk berkat yang luar biasa, tetapi ia menolak dan lebih mementingkan image dirinya dan kekuatan manusia. Di cerita ini kita akan diingatkan akan humility dan iman kita kepada Tuhan.

Allah Datang Untuk Menyelamatkan (Hari Minggu Adven III)

Sesi 15 - Week of 08 Dec 2019

Minggu Adven ketiga dalam Tahun Liturgi disebut “Minggu Gaudete” yang berarti “sukacita”. Dalam CG hari ini, kita akan merenungkan bacaan dari kitab Yesaya 35:1-10, tentang Allah yang datang ke dunia untuk menyelamatkan manusia.

Zaman Mesias (Hari Minggu Adven II)

Sesi 14 - Week of 01 Dec 2019

CG kali ini diambil dari buku Pendalaman Kitab Suci. Untuk minggu ini, kita akan membahas bacaan dari Hari Minggu Adven II, temanya mengenai Zaman Mesias, diambil dari ayat YESAYA 11:1-10.

How Should We Approach Work as a Catholic?

Sesi 13 - Week of 24 Nov 2019

Kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja daripada aktivitas yang lain (selain tidur). Namun, banyak orang memandang pekerjaan hanya sebagai pemenuhan diri, ada pula yang berpandangan bahwa pekerjaan adalah usaha yang membosankan dan sia-sia. Apa yang salah dengan pandangan ini? Apa yang dapat kita temukan di dalam Alkitab tentang pekerjaan?

Discernment of Spirits and God’s Calling

Sesi 12 - Week of 17th November 2019

CG kali ini kita akan belajar bagaimana kita mencari dan mendengarkan panggilan Tuhan untuk hidup kita melalui discernment of spirit, di bawah ini penjelasan apa itu discernment of spirit dan ciri ciri dari panggilan Tuhan melalui discernment.

Gifts or Charisms

Sesi 11 - Week of 3rd November 2019 

Pada CG hari ini, kita mau belajar tentang apa itu karunia, karunia Hirarki dan karunia Karismatik (hierarchical and Charismatic gifts). Selain itu kita juga akan belajar untuk memahami hubungan antara karunia Hirarki dan karunia Karismatik, dan memahami bagaimana karunia-karunia Roh Kudus ini justru menjadi pemersatu dalam Gereja Katolik.

Keadilan dan Belas Kasih

Sesi 10 - Week of 27 Oct 2019

St. Agustinus, seorang Bapa Gereja dan juga salah satu teolog besar Gereja, memberikan kita pencerahan tentang belas kasih dan keadilan yang terpenuhi dalam diri Yesus. Mari kita melihat apa yang diajarkan St. Agustinus mengenai perikop Yesus dan seorang wanita pezinah.

“Misericordia et Misera” (Mercy with Misery)

Sesi 9 - Week of 20 Oct 2019

Banyak orang salah mengartikan istilah belas kasih (“mercy”). Mereka berpendapat bahwa semua orang berhak mendapatkan belas kasih tanpa peduli apa yang dia lakukan dan orang-orang lain juga tidak boleh menghakimi. Akan tetapi, arti sebenarnya dari belas kasih itu adalah mengasihi orang yang berdosa. Jadi karena seseorang telah melakukan perbuatan yang salah (dosa), maka orang yang berdosa itulah yang memerlukan belas kasih.