Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

Trials and Temptations

Sesi 54 - Week of 15 Jan 2023

Happy New Year! Semoga di tahun yang baru ini kita semakin diberkati dalam segala usaha, rencana dan karya-karya kita. Dalam sesi CG untuk minggu ini dan beberapa minggu ke depan, kita akan belajar dari Santo Yakobus tips-tips untuk hidup yang penuh hikmat dan bermakna. Ternyata kitab yang ditulis beratus-ratus tahun yang lampau ini masih sangat relevan dengan kehidupan kita di zaman sekarang. Selamat belajar!

Minggu Adven Ke-3

Sesi 52 - Week of 11 December 2022

Minggu ini kita sudah masuk dalam minggu Adven ketiga di mana, lilin berwarna pink dinyalakan sebagai simbol "Gaudate", yang artinya sukaria atau sukacita. Ini adalah minggu sukacita karena kedatangan "Sang Terang" hampir tiba. Tema untuk minggu Adven ketiga ini mengajak kita untuk lebih sadar dan waspada akan firman-firman Allah. Marilah kita siapkan hati untuk memulai renungan hari ini.

Minggu Adven Ke-2

Sesi 51 - Week of 4 December 2022

Minggu lalu kita sudah memulai masa Adven dan kita sudah diajak untuk menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan Yesus Sang juru selamat. Bagaimanakah persiapan teman-teman di minggu pertama itu? (1-2 orang bisa mensharingkan persiapan masa adven mereka)

Dalam CG hari ini, kita dipanggil untuk bertobat, membersihkan diri kita dari noda dosa. Noda yang memisahkan kita dari Allah dan dari keselamatan kita. Marilah kita siapkan hati untuk memulai renungan hari ini.

Minggu Adven Ke-1

Sesi 50 - Week of 27 November 2022

Tanpa terasa kita sudah dekat ke penghujung tahun 2022 dan minggu ini kita telah masuk ke masa adven dalam kalender liturgi Gereja sebagai masa persiapan untuk menyambut kelahiran Yesus pada hari Natal nanti. Yesus adalah hadiah terbesar yang diberikan Allah Bapa kepada kita dan kita akan dapat menemukan arti Natal yang sesungguhnya ketika kita menyadari betapa besar kasih Allah kepada kita masing-masing.

Dalam CG hari ini, kita akan merefleksikan Firman Allah yang telah kita dengar di Misa hari Minggu kemarin. Allah berbicara secara personal kepada kita masing-masing dan Firman-Nya akan menjadi pelita dalam perjalanan hidup kita. Marilah kita siapkan hati untuk memulai renungan hari ini.

Sacrament of Reconciliation

Sesi 49 - Week of 13 Nov 2022

Di sesi CG kali ini, kita mau membahas mengenai Sakramen Tobat, bahan terakhir dari seri bahan kita mengenai sakramen selama 6 bulan terakhir ini.

Dosa di atas segalanya merupakan pelanggaran terhadap Tuhan, pemutusan persekutuan dengan Dia (Katekismus, no. 1440). Berkali-kali dalam Kitab Suci, kita melihat kebenaran ini berulang untuk kita. Dosa memutuskan hubungan kita dengan Tuhan dan dengan satu sama lain. Dosa mengeraskan hati kita, memperbudak kita, dan membuat kita terisolasi dan terputus dari apa yang benar-benar diinginkan hati kita, yakni Tuhan sendiri. Seluruh pelayanan Yesus berpusat pada pengampunan dosa. Nama Tuhan sendiri mengungkapkan Dia sebagai orang yang akan “menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka” (Mat. 1:21). Pelayanan pengampunan dosa, yang Tuhan mulai ketika menjalankan misinya di bumi, berlanjut sampai sekarang melalui Gereja. Melalui pelayanan ini kita dapat mendengar dan menanggapi sabda Tuhan seruan untuk bertobat dan kembali kepada-Nya dengan segenap hati kita.

Karunia Roh Kudus

Sesi 48 - Week of 6 November 2022

Apakah kalian dapat menyebutkan apa saja karunia Roh Kudus? Mengapa Allah memberikan karunia-karunia tersebut kepada kita? Apakah kalian memiliki karunia-karunia tersebut? Dan, apakah yang harus kita lakukan terhadap karunia-karunia tersebut?

Burden of Talent

Sesi 47 - Week of 30 Oct 2022

Pada CG kita kali ini, kita akan membahas tentang talenta.

“Who you are is God’s gift to you. Who you become is your gift to God.” – Hans Urs von Balthasar

Apa yang terpikir saat membaca kutipan di atas?

Tuhan memberi kita masing-masing talenta, karunia, kesempatan dan peluang. Semua pemberian ini cuma-cuma (gratis), namun ada tanggung jawab yang harus kita pikul untuk setiap karunia tersebut.

4 Dogma Maria

Sesi 46 - Week of 23 Oct 2022

Di minggu terakhir di bulan Oktober ini, kita akan membahas tentang Dogma dari Ibu Kita Tercinta, Bunda Maria. Walaupun mungkin kita sudah pernah mendengar/membaca tentang dogma-dogma ini, tetapi dalam sesi CG hari ini kita diajak untuk merenungkannya kembali dan melihat relevansinya bagi hidup kita. Apa saja dogma-dogma Maria dalam Gereja Katolik? Mari kita baca bahan di bawah.

Stress No More

Sesi 45 - Week of 9 Oct 2022

Penelitian terhadap 200 orang selama 10 tahun oleh Work Site Blood Study, dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology, mengungkapkan bahwa stress dalam pekerjaan menyebabkan tekanan lebih berat terhadap jantung seseorang. Tekanan tambahan ini sama seperti menambah berat badan orang tersebut sebanyak 20 kg. Jantung akan bekerja lebih berat. Stress terjadi ketika kita tidak bisa memenuhi ekspektasi terhadap diri kita (dari orang lain atau pun dari diri sendiri). Jadi bagaimanakah cara terbaik untuk menghadapi stress dalam hidup kita?

Ratu Rosario

Sesi 44 - Week of 2 Oct 2022

Dalam Gereja Katolik, bulan Oktober dikenal sebagai bulan Rosario. Apa alasannya? Pada tanggal 7 Oktober, Gereja merayakan Pesta Ratu Rosario (Our Lady of the Rosary) dan oleh karena itulah bulan Oktober dikenal sebagai bulan Rosario. Dalam CG hari ini, kita akan membaca kisah mukjizat yang berhubungan dengan Pesta Ratu Rosario ini dan kita juga diajak untuk merefleksikan mukjizat-mukjizat yang pernah terjadi dalam hidup kita (baik kecil maupun besar) yang kita dapatkan lewat devosi Rosario.