Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

Mental Health

Sesi 17 - Week of 9 Jan 2022

Gangguan mental adalah masalah yang sangat nyata dalam kehidupan kita. Sering kali hal ini justru disembunyikan karena kita malu apabila diketahui oleh teman, colleague atau keluarga, mungkin karena kita takut dikira gila. Hal inilah yang sangat berbahaya, karena apabila gangguan mental tidak diatasi dengan benar dan cepat, akibatnya bisa fatal.

Finding purpose in life

Sesi 16 - Week of 2 January 2022

Happy New year!

Setiap dari diri kita pasti pernah berpikir : Mengapa aku ini hidup? Mengapa aku ini ada di dunia? Apa sih tujuanku hidup di dunia ini sebenarnya? Lalu, bagaimanakah aku harus mencari tahu, apa yang seharusnya aku lakukan di kemudian harinya?

Nah di CG kali ini, kita mau belajar bersama seputar arti keberadaan kita dan kita akan belajar dari St. Ignatius Loyola yang telah memberikan kita tips-tips bagaimana untuk discern ‘purpose in life’ kita.

Mencontoh Keluarga Kudus

Sesi 15 - Week of 12 December 2021

Pesta Keluarga Kudus merayakan kesucian dan kegembiraan Keluarga Kudus Yesus, Maria dan Yosef dari Nazaret. Perayaan ini terjadi pada hari Minggu setelah hari Natal, kecuali jika hari Natal jatuh pada hari Minggu, di mana perayaan ini akan jatuh pada hari Jumat berikutnya. Gereja ingin kita melihat pentingnya hubungan antara kelahiran Penyelamat kita dan Keluarga Kudus.

Paus Fransiskus mengatakan perihal Pesta Keluarga Kudus, “...Liturgi mengajak kita semua untuk merayakan Pesta Keluarga Kudus dari Nazaret. Setiap kandang Natal memperlihatkan Yesus bersama dengan Bunda Suci dan St. Yosef di Bethlehem. Tuhan mau dilahirkan ke dalam keluarga manusia dan Dia menginginkan seorang ibu dan ayah seperti kita.”

Keluarga kudus adalah contoh terbaik untuk membangun keluarga kita dalam iman dan cinta. Hal-hal apakah yang kita bisa pelajari dan contoh dari mereka? Mari kita bahas bersama-sama dalam sesi CG hari ini!

Santo Yosef

Sesi 14 - Week of 05 Dec 2021

Apakah kalian tahu bahwa sejak tanggal 8 Desember 2020 hingga tanggal 8 Desember 2021, Gereja Katolik merayakan “Tahun Santo Yosef”? Nah, sebelum perayaan ini selesai, masih belum terlambat buat kita mengenal Santo Yosef lebih dalam dan mengerti apa makna perayaan ini dalam hidup kita sebagai umat Katolik.

Eksorsisme 101

Sesi 13 - Week of 29 November 2021

Sobat-sobat Amoredio pernah mendengar kata eksorsisme? Eksorsisme sering kita lihat di banyak film horor Hollywood yang memperlihatkan bagaimana sang jagoan berusaha mengalahkan setan dengan menggunakan ritual eksorsisme dan mengusir mereka. Tapi apakah apa yang kita lihat di film-film itu benar? Apa itu sebenarnya eksorsisme ?

Melawan Kuasa Setan

Sesi 12 - Week of 15 November 2021

Apakah setan itu ada? Sudah pasti jawabannya ya! Tetapi setan itu licik, dia bersembunyi karena dia ingin manusia berpikir dia tidak nyata lalu menjadi lengah dan gampang jatuh dalam jebakannya. Perlu kita ingat bahwa untuk melepaskan diri kita dari kuasa setan, kita memerlukan pertobatan (change of heart).

Sebenarnya penyebab utama kita mendapat serangan dari setan adalah karena iman kita yang terkontaminasi. Kita harus membersihkan (purify) iman kita, menempatkan Tuhan sebagai pusat iman kita, dan merubah cara hidup kita. Dalam CG hari ini, kita akan melihat penyebab yang membuat kita jadi lebih mudah “diganggu” oleh setan dan bagaimana kita dapat melawannya.

End of Life Issues

Sesi 11 - Week of 8 November 2021

Pada dasarnya banyak dari kita yang tidak suka membicarakan tentang kematian. Di jaman modern sekarang ini, kematian dianggap bukanlah sesuatu yang sopan untuk diperbincangkan, malah terkadang sering dianggap tabu untuk dibicarakan. Padahal di dalam kehidupan duniawi kita ini, ada 1 hal yang pasti terjadi, yaitu kematian. Tapi mengapakah kita jarang atau hampir tidak pernah berbincang tentang end of life issue? Apakah karena hal tersebut terlalu asing untuk kita? Di CG hari ini kita mau belajar beberapa poin yang dapat memperluas wawasan kita akan hal tersebut.

Siap Mati

Sudah siap mati? “Wah nanti dulu boss!”

Mungkin itulah jawaban dari kebanyakan dari kita. Kematian adalah suatu subjek yang dianggap tabu dan tidak layak dibahas. Padahal bagi umat Katolik, kematian adalah bagian yang sangat penting dari iman kita. KGK 1006: "Di hadapan mautlah teka-teki kenyataan manusia mencapai puncaknya".

Fr Henri Nouwen, salah satu penulis gereja berkata "Dying is the most general human event, something we all have to do." Kematian badani itu sifatnya alami. Semua manusia suatu hari pasti akan mati secara badani. Ini bukan berarti kita harus berserah begitu saja. Dalam CG hari ini, kita akan membahas bagaimana kita dapat mempersiapkan kematian kita secara praktikal.

Tips Memimpin Doa Dalam Kelompok

Sesi 9 - Week of 25 October 2021

“Jangan aku deh yang pimpin doa.” Pasti kalimat ini tidak asing di telinga kita. Setiap dari kita mungkin pernah mengucapkan kalimat ini paling tidak sekali dalam hidup, apalagi pada saat awal kita mulai masuk sekolah atau awal ikut komunitas Gereja atau saat baru dibaptis. Pengalaman ini adalah bagian dari pertumbuhan iman kita. Layaknya anak bayi yang baru belajar berjalan, awalnya takut dan harus dibantu, tetapi setelah beberapa saat dia akan dapat berjalan sendiri dan bahkan berlari. Kehidupan rohani kita pun harus bertumbuh! Karena itu hari ini kita mau belajar bagaimana cara mengatasi rasa takut itu dan belajar untuk memimpin doa dalam Gereja/kelompok/CG kita dengan lebih baik.

Cara Doa yang Pasti Dijawab

Sesi 8 - Week of 11 October 2021

Sobat-sobat AmoreDio, pernahkah kalian berdoa meminta sesuatu terus merasa..nothing hmm Tuhan tidak kasih jawaban ya. Padahal mungkin kalian merasa kalian berdoa buat hal yang baik, minta pekerjaan baru, minta rezeki, minta pasangan atau minta kesembuhan. Habis itu rasanya gimana? Frustasi? Kesal sama Tuhan? “Tuhan dengerin gak sih? Apa gua mesti puasa dulu baru Tuhan dengar?”

Siapapun yang berdoa pasti pernah mengalami frustasi karena doa yang tidak dijawab. Dalam Matius 7:7-8 Yesus menyatakan, "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetuk, baginya pintu dibukakan.”