Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

Simbol Liturgi

Sesi 57 - Week of 10th Jan 2021

Minggu lalu, kita sudah belajar mengapa liturgi sangat penting bagi umat Katolik. Di dalam Liturgi memang terdapat banyak tanda dan simbol, tetapi apakah kita sadar apa makna di balik lambang tersebut? Seringkali kita melihat tanda dan simbol tersebut tanpa berpikir banyak atau menghayatinya. Bahkan, beberapa dari kita masih tidak percaya akan simbol Liturgi dan maknanya. Hari ini, kita akan membahas beberapa simbol dan tanda yang kita amati dalam Liturgi dan makna di baliknya.

Pentingnya Liturgi bagi umat Katolik

Sesi 56 - Week of 3rd Jan 2021

Selamat Tahun Baru 2021! Tahun lalu mungkin akan menjadi tahun yang tidak terlupakan bagi kita semua dikarenakan dengan adanya wabah Corona yang mewabah diseluruh dunia dan kita pun harus menyesuaikan gaya hidup kita dengan ‘the new normal’. Mulai dari #washyourhand #stayathome #wearyourmask #workfromhome #circuitbreaker #psbb #dirumahaja, dll.

Untuk topik awal tahun di bulan Januari ini, kita akan membahas tentang Liturgi. Berapa banyak dari kita yang masih terus mengikuti misa ekaristi? Berapa banyak dari kita yang merasakan bahwa liturgi itu membosankan atau menjadi rutinitas karena kewajiban untuk mengikuti misa setiap minggunya, atau malah sejak ada misa secara online kita menjadi tidak fokus, kurang berkesan, kurang semangat atau malah bolong-bolong misa mingguan.

Sukacita Natal

Sesi 55 - Week of 13th Dec 2020

Last CG of the year!!! Tanpa terasa kita sudah di penghujung tahun. Pastinya kita semua merasa tahun ini berlalu begitu cepat karena kita ingin pandemi ini segera berlalu. Tahun ini penuh dengan hal-hal yang diluar rencana dan mungkin juga penuh dengan kesedihan dan kekecewaan. Tetapi ada kabar baik untuk kita yang percaya kepada Tuhan bahwa Ia tidak akan meninggalkan kita dan di dalam Dia selalu ada pengharapan. Kita juga bisa bersyukur atas komunitas CG ini dimana kita bisa berjalan bersama melewati masa-masa yang sulit ini.

New Way of Life in God’s Household

Sesi 54 – Week of 6th December 2020

Menjelang Natal dan tahun baru, kita pastinya ingin memperbaiki dan meningkatkan cara hidup kita di tahun yang baru. Pada CG kali ini kita akan belajar dari satu bagian di surat pertama Santo Petrus (1 Petrus) tentang cara hidup baru di dalam keluarga Allah (God’s household). Santo Petrus mengingatkan bahwa kita yang sudah ditebus dengan darah Kristus yang tak bernoda, dipanggil untuk kekudusan, saling mencintai, dan menjadi imam di rumah kudusnya (Gereja).

Claims Every Catholics Should be Able to Answer

Sesi 53 - Week of 29 Nov 2020

Pernahkah teman-teman Amoredio berhadapan dengan situasi dimana mungkin teman, saudara atau kerabat yang kalian kenal berkata seperti : “Ah.. ngapain sih ke Gereja? Yang penting kan gua jadi orang baik-baik.” atau “Halahh.. ga usah lah ngaku dosa segala ke pastor, yang penting itu kita ngaku langsung ke Tuhan aja”, dan masih banyak lagi. Apakah yang teman-teman lakukan ketika berhadapan dengan pertanyaan atau pernyataan seperti ini?

Mungkin ada yang dari kita yang menghindar untuk menjawab, atau mungkin ada yang berusaha menjawab tapi tidak tau bagaimana harus memulainya. Mari kita pelajari bagaimana seharusnya kita sebagai orang Katolik menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Daily Miracles

Sesi 52 – Week of 22 November 2020

Untuk beberapa bahan sebelum minggu ini, kita membahas tentang suffering, bagaimana kita sebagai umat Katolik mengalami kehidupan yang challenging, untuk minggu ini kita akan membahas tentang miracles atau keajaiban yang ada di sekitar kita dan pada diri kita.

Makna penderitaan secara Kristiani

Sesi 51 - Week of 08 Nov 2020

Pertanyaan tentang kejahatan atau “evil”, baik pembunuhan, kematian bayi karena kelaparan, peperangan, bencana alam, dll. Dan sering orang bertanya, apakah semua ini adalah rencana Allah?

Why is there suffering when there is God?

Sesi 50 - Week of 1 Nov 2020

Sebagai umat Katolik, kita mungkin pernah berpikir atau ditanyakan (oleh teman-teman non-Kristiani kita) mengapa Tuhan mengijinkan penderitaan di dunia ini.

Apakah kalian pernah berada di posisi tersebut? Apakah reaksi dan jawaban kalian?

Sebenarnya sudah banyak dokumen yang membicarakan tentang hal ini, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah dokumen Salvifici Doloris (SD) atau juga dikenal dengan nama On the Christian Meaning of Human Suffering oleh Pope John Paul II.

Membangun Kebiasaan yang Baik Sebagai Orang Katolik

Sesi 49 - Week of 25 Oct 2020

Menurut Paus Fransiskus, kata “murid” dan “hamba” tidak dapat dipisahkan di dalam iman Katolik karena ibaratnya seperti 2 sisi koin. Orang-orang yang mewartakan tentang Tuhan dipanggil untuk melayani dan orang-orang yang melayani secara otomatis telah mewartakan Tuhan. Yesus sendiri mengatakan bahwa Ia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani.

Santa Francesca Xavier Cabrini

Sesi 48 – Week of 18 October 2020

Hidup jauh dari kampung halaman bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali tantangan yang dihadapi untuk dapat bertahan hidup di tanah perantauan, apalagi berpikir untuk melayani. Hari ini kita akan belajar dari kisah hidup Santa Francesca Xavier Cabrini (St. Frances Xavier Cabrini).