Cell Group Readings


It is written, ‘Man shall not live by bread alone, but by every word that comes from the mouth of God.’

Matthew 4:4

 

Taboo

Sesi 43 - Week of 25 Sep 2022

“Ati2, jangan main2 sama orang yang banyak tato nya deh, itu pasti orang ga bener”
“Eh , jangan dengerin musik rock atau metal, itu musik setan”
“Orang Kristiani itu ga boleh beli toto atau main-main judi, dosa itu”
Dalam kehidupan keseharian kita, sobat-sobat AmoreDio mungkin sering melihat, mendengar, atau merasakan sendiri percakapan di atas mengenai hal-hal yang kesannya bersifat tabu. Nah, bagaimana jawabannya ? Yuk, kita bahas bersama-sama.

Ekskomunikasi

Sesi 42 - Week of 11 Sep 2022

Seringkali terdapat kesalahpahaman mengenai ekskomunikasi. Kesalahpahaman yang paling umum adalah berpikir bahwa orang yang di-ekskomunikasi tidak dapat pergi ke perayaan ekaristi dan menerima komuni. Pengertian ini hanyalah sebagian kecil dari arti ekskomunikasi yang sesungguhnya. Kesalahpahaman umum yang kedua adalah berpikir bahwa ekskomunikasi itu berarti diusir dari Gereja. Memang ini mungkin hal yang dilakukan zaman dahulu ketika seseorang di-ekskomunikasi, tetapi pada zaman sekarang, ekskomunikasi sudah tidak seperti itu lagi.

Pada zaman sekarang, ekskomunikasi merupakan sebuah hukuman dengan efek yang sangat spesifik dan dinyatakan dengan jelas. Hampir tidak ada yang tahu apa efek tersebut kecuali orang yang diekskomunikasi sendiri. Apakah ini sesuai dengan pengertian kalian mengenai ekskomunikasi? Nah, hari ini mari kita belajar mengapa ekskomunikasi begitu sering disalahpahami dan apa arti ekskomunikasi yang sesungguhnya.

LGBTQ

Sesi 41 - Week of 4 Sep 2022

Di zaman modern sekarang ini, kita pasti pernah mengetahui seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai LGBTQ, mungkin dari media sosial, dari berita global, di antara teman dan keluarga kita, atau bahkan diri kita sendiri. Dalam sesi hari ini, marilah kita bersama-sama membahas apa sih sebenarnya LGBTQ itu. Sebagai seorang Katolik, apa pandangan kita terhadap mereka? Apakah yang harus kita lakukan kepada mereka?

Sacrament of Eucharist

Sesi 40 - Week of 28 Aug 2022

Di sesi CG kali ini, kita mau meneruskan pembahasan tentang Sakramen. Mari kita mengenal lebih jauh mengenai Sakramen Ekaristi.

Ekaristi adalah “sumber dan puncak kehidupan Kristiani” (LG 11; CCC no. 1324). Dalam Ekaristi, pengorbanan Yesus di kayu Salib menjadi nyata. Pengorbanan Yesus adalah puncak sejarah keselamatan. Semua pengorbanan Perjanjian Lama merupakan pertanda akan hadirnya pengorbanan Kristus, yang melengkapi dan melampaui semua pengorbanan lainnya (CCC no. 614). Pengorbanan hewan-hewan ini, terutama korban Paskah anak domba, menubuatkan pengorbanan terakhir Yesus, yang adalah Anak Domba Allah. Pengorbanan Yesus menebus dosa kita dan membangun persekutuan dalam darah-Nya antara semua anggota Gereja dan Allah.

7 Steps of Vocational Discernment

Sesi 39 - Week of 14 Aug 2022

Salah satu tantangan besar dalam hidup kita adalah menemukan tempat dan tujuan kita di dalam masyarakat dan di dalam Gereja. Pernah gak sih sobat Amoredio berpikir seperti ini: Duh, bener gak sih aku ini kerja sebagai akuntan? Atau mungkin aku harusnya jadi tukang masak aja ya? Ato jadi youtuber aja?

Atau mungkin teman-teman sering galau ketika dihadapkan dengan pilihan seperti: aku nih dipanggil untuk hidup dalam pernikahan atau nggak ya? Pengennya sih menikah, tapi kalo ga dapet-dapet pasangannya, ya sudah deh nanti baru pilih hidup menjadi seorang religius.

Tips-tips Melewati Fase Desolasi (Kesepian Rohani)

Sesi 38 - Week of 7th Aug 2022

Tahun lalu kita pernah belajar tentang Daily Examen yang diajarkan oleh Santo Ignatius Loyola dan bagaimana Daily Examen ini dapat membantu kita menemukan Tuhan di dalam kesibukan kita. Sebagai lanjutannya, hari ini kita mau belajar aspek lain dari latihan rohani (spiritual exercise) yang diajarkan oleh Santo Ignatius.

Ada 2 fase yang pasti akan dialami seseorang ketika ia berusaha untuk menemukan Tuhan: konsolasi dan desolasi. Konsolasi adalah situasi suka cita karena merasakan Tuhan selalu hadir bersama kita dan hal-hal baik terjadi pada kita. Sangatlah baik jika kita mengalami fase ini. Namun, kita perlu waspada ketika mengalami desolasi atau yang disebut kesepian rohani karena kita merasa Tuhan sudah meninggalkan kita. Di dalam fase ini, mudah sekali iblis datang mengacaukan pikiran dan hati kita.

Dalam hidup, manusia pasti mengalami fase konsolasi dan desolasi berkali-kali. Karena itu kita perlu mengenali bahaya desolasi ini dan berusaha untuk segera keluar dari fase ini dengan melakukan tips-tips yang akan dibahas di bawah.

Discernment

Sesi 37 - Week of 31 July 2022

CG kali ini kita akan belajar bagaimana kita mencari dan mendengarkan panggilan Tuhan untuk hidup kita melalui discernment of spirit. Kita akan lihat penjelasan apa itu discernment of spirit dan ciri ciri panggilan Tuhan melalui discernment. Sebelum masuk ke bahan, mari kita nonton video berikut ini dulu: https://www.youtube.com/watch?v=Pg-k1QylIOQ&list=PLgCGT7nNXGY5-s0TJyvaLBXLXhpvWsTQK&index=64&ab _channel=MatthewKelly

Materialisme

Sesi 36 - Week of 24th July 2022

Pada tahun 2013, Paus Fransiskus mencopot seorang uskup dari tugas episkopalnya karena membuat skandal gereja di Jerman dengan membangun tempat tinggal mewah senilai $34 juta dengan menggunakan dana gereja. Media Jerman menjuluki uskup tersebut sebagai “luxury bishop.” Sejak awal kepausannya, Paus Fransiskus sangat tegas dalam posisinya untuk hidup sederhana dengan membayar tagihan hotelnya sendiri dan memilih sebuah mobil kecil untuk dirinya sendiri— bukannya mobil mewah. Hari ini kita mau belajar tentang pandangan Gereja Katolik tentang materialisme (kemewahan) dan bagaimana seharusnya kita bersikap.

Investing for Catholics

Sesi 35 - Week of 10 Jul 2022

“High risk, high reward!” Teman-teman Amoredio pasti pernah bertemu dengan salah satu variasi dari slogan tersebut. Ya, hari ini kita akan membahas tentang investasi! Tepatnya tentang berinvestasi sebagai seorang Katolik. Apakah kita perlu berinvestasi? Kapan sih saat terbaik untuk mulai atau berhenti investasi? Apakah ada investasi yang dilarang? Tapi sebelumnya kita mau kasih disclaimer dulu ya sobat-sobat Amoredio, apapun yang kita bahas hari ini adalah hanya panduan secara luas dan bukanlah nasihat (financial advice) untuk pribadi masing-masing, Diskusikanlah dengan financial planner kalian masing-masing karena setiap orang mempunyai kebutuhan finansial yang berbeda-beda.

Melawan Sekularisme

Sesi 34 - Week of 3 Jul 2022

Sekularisme sudah merajalela di zaman sekarang dan telah berhasil merayu orang-orang muda untuk meninggalkan kepercayaan mereka kepada Tuhan. Banyak dari mereka yang merasa terkekang karena kehidupan beragama dan hidup menurut ajaran Tuhan menuntut mereka untuk menjalani kehidupan dengan standar moral yang tinggi. Sekularisme paling sering didefinisikan sebagai pemisahan agama dari urusan sipil dan negara, tetapi dapat diperluas untuk mencakup kebutuhan yang menghapus atau meminimalkan peran agama di ruang publik manapun. Sekularisme berusaha menafsirkan kehidupan berdasarkan prinsip-prinsip yang semata-mata berasal dari dunia material, tanpa mengandalkan agama. Ini menggeser fokus dari agama kepada sesuatu yang "temporal" dan material.

Jadi, apakah sekularisme benar-benar buruk?