2014 Sesi 17 Week of 31 Mar 2014 Hidup Dalam Kepenuhan JanjiJanji Tuhan


 Intro

 

Hidup Kristiani memang membutuhkan perjuangan. Tetapi bukan berarti jika kita sungguh-sungguh taat kepada Tuhan hidup kita senantiasa penuh dengan pengorbanan semata. Tuhan kita adalah Allah yang adil dan kasih setia-Nya tetap untuk selama-lamanya. Ada berkat-berkat yang menjadi bagian dari janji-janji Tuhan yang akan diberikan kepada mereka yang setia kepada-Nya, sesuai dengan waktu dan masa yang ditentukan-Nya. Hari ini kita akan sama-sama belajar sebagian dari berkat-berkat yang menjadi bagian dari janji-janji Tuhan itu.

 

 

Reading

 

Ulangan 28:1-17

 

Deu 28:1  "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.

Deu 28:2  Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:

Deu 28:3  Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.

Deu 28:4  Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.

Deu 28:5  Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.

Deu 28:6  Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.

Deu 28:7  TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.

Deu 28:8  TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

Deu 28:9  TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.

Deu 28:10  Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.

Deu 28:11  Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu–di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.

Deu 28:12  TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.

Deu 28:13  TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,

Deu 28:14  dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."

Deu 28:15  "Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:

Deu 28:16  Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.

Deu 28:17  Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu.

 …………(ayat-ayat selanjutnya menceritakan tentang berbagai kutukan yang akan menimpa orang yang tidak setia)

 

 Pertanyaan

<!–[if !supportLists]–>1.      <!–[endif]–>Ada pandangan yang mengatakan bahwa hidup Kristiani adalah hidup yang penuh dengan penderitaan dan pengorbanan. Bagaimana pendapatmu tentang pandangan ini? (sharing)

 

<!–[if !supportLists]–>2.     <!–[endif]–>Apakah yang menjadi syarat-syarat agar kita bisa menerima berkat-berkat Tuhan? (lihat bacaan di atas)

<!–[if !supportLists]–>3.      <!–[endif]–>a. Bagaimanakah kita bisa mendengar suara Tuhan sedangkan kita tidak bisa melihat-Nya?

b. Bagaimanakah pengalamanmu mendengar suara Tuhan? (sharing)


Di antara berkat-berkat yang ditulis dalam bacaan di atas, manakah yang mengena bagi kalian? (sharing)

 <!–[if !supportLists]–>4.     <!–[endif]–>Apakah yang dimaksud dengan ayat ini : “…engkau akan tetap naik dan bukan turun”?

 

<!–[if !supportLists]–>5.      <!–[endif]–>a. Dalam bacaan hari ini, terdapat peringatan akan perbuatan-perbuatan yang bisa menghalangi kehidupan yang penuh berkat. Apakah peringatan tersebut? (Jelaskan pemahamanmu akan peringatan itu)

 

b. Sharingkan pengalamanmu / orang lain yang kamu kenal yang mengalami kemalangan karena berjalan di luar jalan Tuhan dan bagaimana kamu / orang lain tersebut kembali ke jalan Tuhan lagi.

 Bacaan Tambahan

 Ibrani  12:14

(14)Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.

 

 Last Quote

 Dalam hidup ini ada kalanya engkau dihadapkan dengan perselisihan tetapi sebisa mungkin hendaklah engkau berdamai dengan semua orang karena “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah ( Matius 5 : 9)”

  

Closing Prayer

 Ya Bapa, terima kasih karena Engkau telah memilih kami untuk menjadi anak-anak-Mu dan melimpahi kami dengan begitu banyak berkat. Ampunilah kami, Bapa, yang terkadang begitu sibuk dengan diri kami sendiri sehingga kami tidak bisa mendengar lagi suara-Mu. Kami pun sering tergoda untuk memprioritaskan kenikmatan duniawi daripada mengikuti jalan-Mu. Terima kasih karena Engkau telah mengingatkan kami kembali hari ini bahwa hidup kami dan keluarga kami akan dipenuhi dengan berkat-berkat-Mu jika kami setia mendengarkan Engkau dan mengikuti segala perintah-Mu. Bantulah kami untuk hidup kudus dan membawa berkat bagi orang-orang di sekitar kami. Doa ini kami panjatkan dengan perantaraan Yesus, Tuhan dan Juru Selamat kami. Amin.